cappuccino break

Ikon

-Just For Expression-

Sekilas Tentang Administrasi Pembangunan (Part 1)

Oleh : Arditya Bima  

 

Ilmu Administrasi selalu mengikuti perkembangan zaman. Ilmu ini terus mengalami perubahan-perubahan, penyempurnaan-penyempurnaan dan bahkan juga penambahan cakupannya. Dalam artikel saya terdahulu, yang judulnya Bias Istilah Administrasi dan Manajemen, saya merumuskan definisi Administrasi adalah : proses penataan usaha yang timbul ketika sekelompok orang yang memiliki tujuan sama kemudian berinteraksi dalam suatu organisasi, melakukan kerjasama dengan menggunakan instrumen dan sumber yang mungkin terbatas. Dengan demikian, maka jika syarat-syarat seperti adanya sekelompok orang, penataan usaha, kerjasama dan tujuan tertentu sudah terpenuhi, maka segala kegiatan apapun itu bentuknya, sudah muncul apa yang disebut administrasi. Oleh karenanya cakupan pembelajarannya sangatlah luas. Namun dalam artikel ini, saya hanya akan mencoba mengulas sedikit mengenai pengertian Administrasi Pembangunan.  

Pengertian Administrasi Pembangunan. 

Sebelum memberikan definisi kerja dari administrasi pembangunan, Dr. S.P. Siagian, MPA, memisahkan pokok pengertian dari administrasi pembangunan. Menurutnya administrasi pembangunan meliputi dua pengertian, yaitu administrasi dan pembangunan. Dalam bukunya yang berjudul Filsafat Administrasi, 1973:13, dia mengemukakan bahwa : “administrasi adalah  keseluruhan proses pelaksanaan daripada keputusan-keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya ditentukan oleh dua orang manusia atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.” 

Dan mengenai pembangunan, dalam bukunya yang berjudul “Administrasi Pembangunan”, SP. Siagian mendefinisikan sebagai: “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perobahan yang berencana yang dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation-building).”  

Dari definisi pembangunan menurut Siagian tersebut, maka jelas dapat kita lihat pokok-pokok ide yang tersurat, yaitu adanya suatu proses yang terus menerus, usaha yang dilakukan dengan perencanaan, orientasi pada perubahan yang signifikan dari keadaan sebelumnya, memiliki arah yang lebih modern dalam artian luas yang mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki tujuan utama untuk membina bangsa. 

Definisi kerja (working definition) dari Administrasi Pembangunan menurut Siagian adalah “seluruh usaha yang dilakukan oleh suatu masyarakat untuk memperbaiki tata kehidupannya sebagai suatu bangsa dalam berbagai aspek kehidupan bangsa tersebut dalam rangka usaha pencapaian tujuan yang telah ditentukan.” 

Namun sekedar perbandingan untuk dapat memberikan rumusan definisi mengenai administrasi pembangunan yang mudah diingat tanpa mengurangi unsur yang ada, ada baiknya apabila kita juga melihat pendapat dari para cendekia yang lain. 

Menurut Paul Meadows dalam bukunya “Motivation For Change and Development Administration, 1968:86 mendefinisikan :”Development administration can be regarded as the public management of economic and social change in term of deliberate public policy. The development administrator is concerned with guiding change.”

Kurang lebih artinya sebagai berikut : Administrasi Pembangunan dapat didefinisikan sebagai kegiatan mengatur masyarakat dibidang ekonomi dan perubahan sosial dalam hal menetapkan kebijakan publik. Administrator pembangunan mempunyai kaitan dengan memandu perubahan yang dimaksud. 

Hiram S. Phillips mengemukakan bahwa :“The term of Development Administration is used ….. rather than the traditional term of Public Administration to indicate the need for a dynamic process designed particularly to meet requirements of social and economics changes.”

Kurang lebih maksudnya adalah :“Istilah Administrasi Pembangunan digunakan ….. berbanding dengan istilah Administrasi pemerintahan yang tradisional untuk menandai adanya kebutuhan akan suatu proses yang dinamis, terutama sekali merancang untuk menemukan kebutuhan berkaitan dengan perubahan sosial dan ekonomi.” 

Edward W. Weidner lebih spesifik merumuskan sebagai berikut :“Development administration is defined as administrative development and the administration of development programmes. For the administration of the development, it is necessary that the administrative machinery itself should be improved and developed to enable a well coordinated and multi functional approach towards solving national problem on development.”Kurang lebih arti dalam bahasa Indonesianya adalah:“Administrasi Pembangunan menggambarkan sebagai suatu  pengembangan yang administratif dan administrasi dalam program pengembangan. Karena administrasi menyangkut pengembangan, maka perlu bahwa perangkat yang administratif sendiri harus ditingkatkan dan dikembangkan agar memungkinkan dalam mengkoordinir dan melakukan pendekatan multi fungsional ke arah pemecahan masalah nasional pada dalam pembangunan.” 

Bintoro Tjokroamidjojo dalam bukunya Pengantar Administrasi Pembangunan mengemukakan bahwa:“Proses pengendalian usaha  (administrasi) oleh negara/pemerintah untuk merealisir pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.” 

Dari beberapa definisi tersebut, terdapat kesamaan ide pokok, yaitu :

  1. Adanya suatu proses. Proses disini berarti suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus.
  2. Adanya administrator, dalam hal ini adalah pemerintah atau negara.
  3. Adanya masyarakat.
  4. Perubahan dan Modernisasi. Yang maksudnya adalah keinginan perubahan kearah yang lebih baik yang multi dimensi, dari aspek ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dan juga administrasi.

 Maka, dengan berpedoman dan tanpa menghilangkan ke 4 (empat) pokok pemikiran diatas, maka penulis mencoba merumuskan definisi mengenai Administrasi Pembangunan dalam rangka mempermudah pemahamannya.  

Administrasi Pembangunan menurut penulis adalah :“Proses yang dilakukan oleh Administrator dalam upaya mendorong masyarakat kearah modernisasi yang multi-dimensional secara administratif.” 

Demikian kiranya uraian mengenai pengertian Administrasi Pembangunan yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Wassalam.

About these ads

Filed under: Administrasi, , ,

23 Responses

  1. AnSAR hASYIM mengatakan:

    Adm pembangunan menjadipenting sipahami eraotonomi, sebab dengan itu kita dapat memanajemen penyelenggraan pembangunan yang lebih berorientasi pada rakyat kecil. dan itulah sebenarnya makna otoda

  2. AnSAR hASYIM mengatakan:

    Teori-teori tentang adm pembangunan adalah konsep yang perlu dipahami oleh para birokrat di era otda saat ini. sebab dengan memahami nya kiranya dapat diimplementasikan dalam kepemimpinannya, terutama dalam melaksanakan pembangunan di daerah yang lebih terfokus ke pada rakyat kecil. karena sebenarnya gool otda adalah bagaimana mengangkat harkat dan martabat rakyat kecil dan miskin untuk lebih baik, bukan sebaliknya untuk para pejabat dan konglomerat di kota. ok sukses ….buat sdr Bima

  3. bimaconcept mengatakan:

    Memang benar mas aca. Itulah salah satu gunanya ilmu administrasi pembangunan: untuk memanajemeni penyelenggaraan pembangunan yang lebih berpihak pada rakyat kecil. Tentu saja Birokrat utamanya departemen pelaksana teknis, yang harus benar benar memahami ilmu ini. supaya implementasinya benar-benar bermanfaat.

    Makasih mas… :D

  4. sahrul mengatakan:

    cita-cita negara RI hanya tinggal cita-cita jika SDM yang memiliki kemampuan tidak diperhatikan…sedangkan orang-orang yang memiliki kekuasaan telah memiliki tempat untuk anak,kerabat dan orang-orang yang bisa memberi mereka keuntungan.
    salam…

  5. hattori mengatakan:

    hmmmmmmmmm

  6. ultraman mengatakan:

    pengaruh lingkungan sama administrasi pembangunan apa aja ? jelaskan sekarang juga dalam waktu 1 menit ? !!!!!!!!!!!!!!! cepat ya ????????????

  7. jelaskan konsep tentang koordinasi pembangunan.
    dimulai dari apa pengertian konsep,koordinasi,pembangunan, dan seterusnya!!!

  8. steelheart mengatakan:

    ??? Kaya soal ujian aja mba ???

  9. cess mengatakan:

    Hahaha…nah lho, di’dadar’…udah saatnya ambil s2 tuh mas… :)

  10. bimaconcept mengatakan:

    tau nih cess, lo aja deh yang jawab cess, ntar gw nyontek..haha

  11. cess mengatakan:

    wah, kl nyontek ma gw nilainya ntar dapet telor ceplok hehehe….

  12. ratih mengatakan:

    apa bedanya adm pembangunan dgn pembangunan adm?tolong jelaskan!cept ya….isinya ditunggu thanks

  13. fery mengatakan:

    jelaskan dong, alasan perlunya kebijakan publik dalam pelaksanaan administrasi pembangunan. please… buat skripsi neh

  14. erin mengatakan:

    minta artikel tentang adm pembangunan

  15. gagukjelek mengatakan:

    ehmmm… klo administrasi pembangunan bisa diarahkan ke pelayanan publik apa g ya??? ehmm maksudnya apakah adm pemb bisa fokus ke pelayanan publik ya???

  16. Sekjen padang mengatakan:

    Betul bgt mas..hakekat lhry otda adalah tuk mengangkat harkat dan martabat rakyat kecil d daerah yg slm ne kurang trsentuh oleh sistem sentralisasi. Dgn administrasi pembangunan yg baek dari pejabat d daerah serta dgn sdm yg human capital d harapkan semua itu akan trcapai.thanx

  17. setya mengatakan:

    mas mo tanya, trus lo teori2 tentang cara mengukur keberhasilan pembangunan tu pa ja ya??
    thanks b4

  18. ahfaz zs mengatakan:

    Di jaman otda saat ini pembangunan seharus berpihak pada rakyat..
    namun untuk kebijakan pembangunan kerakyatan tsbt setiap daerah berbeda-beda akan konsep pembangunannya, tetapi tujuan hirarki gool harus lah sama..
    Untuk administrasi, merupakan pola pengembangan masing-masing daerah untuk gool postif yang dapat berkembang terus menerus tanpa ada batasan waktu..

  19. Ona syarif mengatakan:

    Kalau adm pembagunan sama nga dgn adm pemerintahan

  20. Myn mengatakan:

    byk teori aja, coba bikin diimplementasikan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

  • 155,263 hit

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.