cappuccino break

Ikon

-Just For Expression-

Partai Untuk Uang atau Uang Untuk Partai?

Di sebuah rumah bedeng yang dihuni oleh dua sahabat yang belum mendapatkan pekerjaan tetap terjadi perdebatan kecil.  

  “Heh, Kemarin gue ikutan partai, Sir. Gue diajakkin temen yang udah lama berkecimpung disana.” Kata Pairan kepada Sirait seraya menjewer telinga sahabatnya itu. Sirait yang sedang asyik membaca iklan lowongan pekerjaan di koran kontan kaget, “Ah! Apa pula Kau ini! Masa bodo lah Pai, kau mau ikutan partai atau apa aku tak perduli! Dasar sial kau!,” hardiknya. “Begitu aja marah lu Sir, gue kan cuma ngasih tau aja, kalo gue sekarang ikutan partai…Politik dong, politik., jangan Cuma nyari lowongan kerja tapi ga dapat-dapat.” Sindir Pairan sambil menghidupkan televisi dan kemudian duduk di sofa tempat Sirait duduk. “Eh, memangnya kau ikutan partai apa Pai?” tanya Sirait dengan raut wajah ingin tahu. “Gue, ikutan Partai Coblos Dong, PCD, masa lu  gak tau? Ketua Umumnya kan mau nyalon jadi Capres tahun 2009, jadi mumpung anggotanya belum banyak, siapa tau gue bisa jadi ketua daerah.” jawab Pairan. “Memangnya partai kau itu sudah lolos verifikasi apa belum? Sekarangkan ada peraturan baru untuk partai dan calon independen mengenai jumlah minimal anggta partai di tiap daerah, dan lain-lainnya. Aku tak begitu hapal dengan pasal-pasalnya.” Kata Sirait. “Jadi kalau partai kau masih dalam tahap verifikasi, buat apa kau ikut-ikutan yang enggak jelas,” lanjut Sirait. “Lagi pula apa motivasi kau ikut partai?” tanya Sirait. “Ah, lu ini banyak tanya. Gue ikut partai ya kepengen jadi orang top dan banyak duit, siapa tau gue bisa jadi gubernur,” jawab Pairan enteng. Sambil melirik kearah Pairan, Sirait tertawa dengan ekspresi tertahan kemudian terbahak-bahak. “Kkkhehebwahahaha….Goblok kali kau ini Pai. Memangnya kau punya apa, ngomong? Kau enggak begitu lancar…, pidato?…apa lagi, bisa keringat dingin kau….., Politik? Masih buta kali kau…, Uang? Jangan ditanya, kau kan masih pengangguran sama kayak aku…, jadi rumus apa yang hendak kau pakai untuk jadi Gubernur? Hahaha,” Sirait masih tidak bisa menahan tawanya. “Heh Pai, dengar ya, orang mau jadi Gubernur itu, harus punya modal, baik itu modal uang maupun modal kemampuan dan relasi. Modal uang dipakai kalau kau mau kampanye, modal kemampuan kau pakai untuk analisis, dan modal relasi gunanya untuk membackup kau nantinya.” Kata Sirait menatap Pairan sambil terseyum. “Jadi, kau akan ditertawakan orang kalau kau mau kaya dari Partai, karena justru Partai yang akan butuh bantuan sukarela dari kau nanti, apalagi partai baru. Tapi, kalau kau sudah kaya, kau tinggal pilih saja “perahu” mana yang hendak kau pakai untuk pencalonan kau nanti.Toh sekarang juga muncul banyak wacana mengenai calon independen,” ujar Sirait memperjelas. Pairan hanya melongo mendengar penjelasan dari Sirait, karena terus terang dalam hati, ia merasa malu karena belum banyak tahu mengenai Partai dan Politik. “Tapi kalau kau punya motivasi mau mencari relasi dan kawan, bolehlah, lebih bagus lagi kalau kau bertekad membangun bangsa kita, supaya nantinya kaum muda tidak ada lagi yang bernasib seperti kita, sudah kuliah merantau dan biaya mahal, susah cari kerja pula. Sudah lah, lebih baik sekarang kau cari kerja saja dulu, dan kumpulkan uang yang banyak, baru kau ikut pencalonan Gubernur.” tambah Sirait memberikan pengertian sekaligus menutup pembicaraan. “Ooo, jadi gitu ya Sir,…kalo gitu gue ganti dah motivasi dan orientasi gue sekarang,” ujar Pairan sambil membesarkan volume televisi yang ketika itu sedang menyiarkan live konser Nidji. Dan malam itu merekapun mendapat tambahan wawasan, terutama bagi Pairan. (***)

Filed under: Birokrasi & Politik, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

  • 171,161 hit

Kategori

%d blogger menyukai ini: