cappuccino break

Ikon

-Just For Expression-

Berapakah Sebenarnya Keekonomian Harga Premium?

By: Arditya Bima

“Ini artinya harga yang diberlakukan untuk premium sudah sesuai dengan tingkat keekonomiannya, dan pemerintah sudah tidak lagi memberikan subsidi untuk BBM jenis premium”

Setelah saya lihat polling sms berhadiah di detik.com yang bertema “Berapa Sebaiknya Harga Fair Bensin Menurut Anda?”, disitu ada dua opsi harga antara Rp 4.500/liter dan Rp 5.000/liter. Pada pengantar singkatnya juga terdapat banyak asumsi perhitungan berbeda dari banyak pihak mengenai harga keekonomian premium.

ilustrasi - pic from detik.com

ilustrasi - pic from detik.com

Misalnya saja,  PDIP menghitung harga keekonomian bensin hanya Rp 3.570/liter, perhitungan PAN lain lagi yang hanya Rp 4.675, dan Dirjen Migas bilang kalau harga keekonomian premium masih diatas Rp 5.000. Saya pernah membaca ulasan mengenai perhitungan harga keekonomian premium yang ditulis oleh Dotti Damayanti di Harian Kompas tanggal 6 Desember 2008. Nah, akhirnya saya penasaran ingin tahu, berapa sih harga keekonomian bensin menurut perhitungan dan asumsi saya sendiri. Baca entri selengkapnya »

Iklan

Filed under: Artikel singkat, Ekonomi, Oil & Gas, , , ,

Indonesia 2009 dan Krisis Ekonomi Global

By: Arditya Bima

Tahun 2009 diprediksi oleh banyak ekonom sebagai tahun yang sulit bagi dunia usaha. Krisis ekonomi global yang sejak awal tidak terlalu dikhawatirkan Pemerintah Indonesia, ternyata lambat laun mulai berimbas.

krisis ekonomi global

(pic:from kompas)

Perusahaan perusahaan otomotif di Amerika dan Jepang misalnya, sudah mulai (berencana) merumahkan karyawannya. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga terjadi di Indonesia, karena perlambatan ekonomi dunia. Dan inilah yang akhirnya dikhawatirkan bakal terjadi, yaitu PHK massal. Baca entri selengkapnya »

Filed under: Artikel singkat, Ekonomi, , ,

Main Game Dengan Headset?

Wah, gak kebayang nih gimana ya main game dengan headset. Tapi itulah yang dijanjikan oleh Emotiv System, sebuah perusahaan rancang bangun neuron yang berpusat di San Fransisco USA. Perusahaan ini mengembangkan teknologi interaksi manusia dengan komputer. Nah, sekarang ini yang sedang mereka promosikan adalah headset yang bisa menghubungkan reaksi otak dan emosional usernya dengan permainan di komputer.

Emotiv Epoc HeadsetWah, hebat juga ya. Gimana cara kerjanya? Nah, headset ini disebut-sebut menerapkan teknologi yang dikenal dengan non-invasive electro encephalography (EEG), yang bisa membaca aktivitas neural otak (yang memiliki 100 miliar sel saraf). Teknologi yang digunakan ini dapat menampilkan 30 ekspresi, emosi, dan gerakan pengguna headset Emotiv Epoc di layar monitor (pada  game avatar yang dimainkannya). Jadi, kalau si user berkedip, tersenyum, sedih, atau marah, headset Epoc dapat mendeteksinya. Bahkan Baca entri selengkapnya »

Filed under: Artikel singkat, Intermezzo, ,

Dimana Perkiraan Jatuhnya Satelit Pengintai AS ?

Wah, bahaya nih. Jangan-jangan jatuhnya di Indonesia. Bisa jadi “berabe” nih. hehehe….Begitulah kira-kira kekhawatiran kita, jika serangkaian upaya Pentagon untuk menghancurkan Satelit rusak itu gagal. 

  satelit-as2.jpg  Satelit Pengintai AS

Seperti yang diberitakan situs berita Antara, bahwa Duta Besar AS untuk PBB, Christina Rocca memperingatkan bahwa satelit Kantor Pengintaian Nasional (NRO) milik AS yang rusak, akan jatuh dan memasuki atmosfer bumi pada 6 Maret 2008. Lokasi jatuhnya satelit itu pun sulit untuk diperkirakan, yaitu antara 58,5″ LU dan 58,5″LS. Satelit rusak ini kalo Baca entri selengkapnya »

Filed under: Artikel singkat,

2009 Digitalisasi TV diterapkan di Indonesia



Digitalisasi TV? Maksudnya gimana sih? Judul diatas, seperti yang dikatakan Menkominfo Prof Ir. M. Nuh DEA. Menurutnya, rencana itu sudah disampaikan dalam  World Confrence of GMS di Barcelona tanggal 11-14 Februari lalu.

ilustrasiDengan rencana migrasi, dari TV analog ke digitalisasi TV, maka dalam satu kanal dapat dipakai untuk 4-5 program TV. Digitalisasi TV kali pertama akan diuji cobakan pada TVRI.

Kedepan, Pemerintah juga berencana untuk menggunakan satu kanal untuk program EWS (Early Warning System) untuk antisipasi bencana. Dengan adanya TV yang menyiarkan EWS, maka ketika ada bencana alam, akan langsung disiarkan kepada masyarakat karena semua jaringan TV akan secara otomatis menayangkannya. Baca entri selengkapnya »

Filed under: Artikel singkat,

Pengunjung

  • 177,709 hit

Kategori